Pages

Friday, April 15, 2011

Pengalaman ngurus paspor di Imigrasi Malang

Pagi ini aku berangkat ke Kanim a.k.a Kantor Imigrasi Malang and turns out aku baru tau kalo sekarang kantor imigrasi Malang udah naek kelas dari Kanim Kelas 2 jadi Kanim Kelas 1 yang anehnya di websitenya imigrasi masih tertera sebagai kanim kelas.

Hehehe tapi itu gak ada hubungannya dengan pengurusan paspor buat adekku kemaren, kemaren kita dateng kesana jam 9an ke kantor imigrasi dan bersyukur banget kantornya sepi.
Karena baru pertama kalinya ngurus paspor di kantor imigrasi Malang, aku bertanya ke customer care yang duduk di pojokan....tapi si mbaknya gak banyak membantu....entah karena aku kalo ngmg terlalu cepet atau mbak nya yang gak nyambung....only heaven knows lah :p

Akhirnya aku ke Loket 3, bertanyalah aku ke bapak itu....."Pak kemaren saya udh daftar online buat pengajuan paspor dan saya udh bawa berkas2 yang diperlukan semuanya..."
Si bapak menjawab, "Beli formulir dan map dl ya mbak di koperasi, nanti diisi baru dikumpulkan ke sini"

Belilah aku formulir, dalam hati heran juga "Lha trus buat apa daftar online dan bingung ngeprint bukti2 kalau  disini tetep aja disuruh ngisi formulir lagi"
Setelah beli, aku masukin semua berkasnya ke loket 3....untuk dapat nomer antrian.
Oh ya di kantor imigrasi ada 8 loket, loket 1 dan 2 kasir yg terbagi untuk WNI dan WNA (yg ngajukan pengurusan visa), loket 3 dan 4 untuk permohonan paspor 48 hal, loket 5 untuk paspor 24 hal, loket 6 untuk lansia/cacat, loket 7 dan 8 untuk informasi dan pengambilan paspor.
Yang aku belum tau kalo ada WNA yg mau ngurus perpanjangan Visa musti ke loket mana dulu, ehmmm setelah dipikir2 aku bakat nie jadi calo paspor heheee....

Setelah nomer dipanggil, berkas2 diperiksa di loket 3 dan dikasih note atau catatan jika ada berkas yang kurang dan diberitahu kapan bisa hadir untuk keperluan biometrik (foto, sidik jari, dan wawancara). Untungnya kita dapat giliran hari itu juga, mungkin karena kasihan sama adekku yang tuna netra jadi kita dijadwalin untuk foto dan pengambilan sidik jari hari itu juga karena ternyata adekku perlu surat keterangan dari rumah sakit pemerintah untuk kondisinya tsb.

Dari masa menunggu panggilan pemeriksaan berkas sampai pemanggilan untuk biometrik, kita berdua mendapati di imigrasi malang tidak ada calo seperti di imigrasi Jakarta (nggak heran sie kalo di Jakarta antriannya mpe ribuan hampir setiap harinya). Tapi ternyata kita berdua salah duga, ada juga sie calo nya hanya saja mereka pake kedok agen travel. Sebenarnya yang bikin kesal itu bukan karena calo itu menyerobot antrian kita tapi lebih karena mereka memasang tarif untuk para pelanggannya gila2an. Entah bener atau nggak, sempet tercuri dengar oleh kita pembicaraan salah satu agen di telp "Kalo untuk TKI kasih harga 2juta, kalau yang biasa kasih aja 750rb atau sejuta"
Woooottttt?!? Banyak banget untungnya kalau bener itu adalah harga yang harus dikeluarkan tiap orang yang ingin memakai jasa calo....lha biaya pembuatan paspor biasa yg 48 hal aja cuman 255rb sedangkan untuk para TKI yang cuman 24 hal biayanya cuman 105rb.Kasihan banget itu para TKI belum berangkat kerja aja udh ludes tuh buat bayar sana sini.(tarif lengkapnya bisa diliat disini).
Tapi emang sie paspor yang harusnya baru bs diambil setelah 4 hari kerja dihitung sejak wawancara selesai, hari itu juga bisa langsung diambil oleh yang punya.Waktu memang mahal harganya....yah maklum lah kalau emang banyak orang yang lebih suka pakai jasa calo.

Untuk pengurusan paspor jika lancar seperti adekku, dari jam 9 pagi kita baru selesai menjalankan semua prosedurnya jam 3 sore dan itupun paspor baru bs diambil setelah 4 hari kerja. Sedangkan jika diputuskan untuk keperluan biometriknya adalah 2 atau 3 hari setelah penyusunan berkas maka pemohon harus balik ke imigrasi setelah 2-3 hari, kemudian harus menunggu 4 hari lagi untuk pengambilan paspor nya. Bisa dibayangin berapa banyak waktu yang musti dikorbankan hanya untuk pengurusan paspor itu.

Karena itulah aku baru tau bahwa daftar online itu bisa sangat membantu kita menyingkat waktu, ternyata setelah pengumpulan berkas petugas imigrasi harus memasukkan data2 pemohon ke komputer dan baru bs diproses untuk foto, sidik jari, dan wawancara. Karena itulah makanya aku dan adekku bs hari itu juga melakukan keperluan biometrik. Maka mulailah dengan mendaftar paspor secara online. Meskipun ribet tapi lebih menyingkat waktu kita untuk mengantri di loket2 imigrasi.

Dan selalu saja ada tempat untuk pengaduan jika kita merasa dirugikan oleh petugas imigrasi jadi jangan malas untuk mengurus surat2 anda sendiri. Memang agak ribet dan anda butuh meluangkan waktu untuk pengurusannya, tapi paling tidak anda tidak merugikan orang lain dengan menyerobot antrian orang yang sudah meluangkan waktunya mengantri dari pagi.  ^^

Rincian yang musti dikeluarkan :
Formulir    : Rp. 8000
Fotokopi2 : Rp. 1000
Materai     : Rp. 6000
Paspor + biometrik : Rp. 255000 (48 hal)
Parkir : Rp. 1000

Total : Rp. 271.000 dan waktu 3 hari dalam 1 minggu

9 comments:

Han said...

Mksih sharingnya,
sangant membantu :)

ina said...

sama2 mas senang bisa membantu ^^

uLeE said...

benar tu, di imigrasi jak tim banyak banget yg antri..nomer antrian aja bisa2 mpe 800 ckckck.. tp dsini biaya formulir dah termasuk materai yaitu Rp 12.000. tapi biaya passportnya sama :D

blugblug said...

@ulee : hehehe iyak tuh bener banget di jakarta mah nggak ada yang sepi kantor imigrasinya, dulu aku nyoba ngurus paspor di Jakarta udh nyerah duluan ngeliat pengantrinya camping di depan loket.. :p well tapi lebih murah 2rb ternyata yak dibandingin di malang untuk beli form dan materainya :D. Malah gara2 itu malah bikin semangat jalan2nya makin tebel ^^

Unknown said...

siiip membantu lah ane kira cuma di jkt aja kalo mo bikin paspor ee malahan di kota sendiri.ya gitulah kalo ada internet bisa lihat sana cari sini. Akhirnya ketemu juga dari mbah google.thanks mbak

Anonymous said...

Makasih postingannya. Jd lbh gpg urus paspornya. Kl dipikir2 emang lbh baik urus sdr yah.

Anonymous said...

nuwus-nuwus mbak infone

Anonymous said...

Tu kan thn 2011 ya?
Kalo 2012 btuh brapa jam ya

asye's mine said...

makasi banget inponya..slnya deg-deg'an mo ngrus sendiri